Belajar Kuat dari Luka yang Terasa Berat


Tulisan ini menceritakan tentang sebuah pengalaman, yang mungkin hanya bisa dikatakan lewat tulisan.

Kegiatan relawan di Serambi Inspirasi, Bantargebang Bekasi, setiap hari Sabtu.
Kegiatan relawan di Children Charity Education, Jagakarsa, setiap hari Minggu
Kegiatan relawan di Generasi Literat, Cinere, setiap hari Kamis. 
Kegiatan relawan lain di Baca Tulis Inspirator, Sehijau Bumi, Relawan Nusantara, Dompet Dhuafa, relawan nusantara, dll
Kuliah Senin, Selasa, Rabu, dari pagi sampai sore
Kursus Bahasa jam 7.30 sampai jam 10.00
Freelance di Umrotix
Terakhir.. Part time di event Big Bad Wolf Jakarta, shift malam, berangkat jam 7 malam dan pulang jam 9 pagi.

Semua tercatat dengan sempurna, tersusun dengan dinamis dan sistematis, penuh perhitungan dan keyakinan kalau diri ini bakal bisa handle semuanya bersamaan, setiap harinya.. full setiap minggunya. tapi nyatanya?

'DUARR' 'BRAKK' 'JEDERR' berantakan semua.

Tanggal 4 Maret, 2020. Entah jam 8 lewat berapa, gua tabrakan, ah atau lebih tepatnya nabrak mobil orang, mobil CRV yang baru dan masih mulus itu, sialnya harus jadi korban kecerobohan gua. 
korban hidupnya? gua. Muka gua kegasrut aspal, tangan gua berdarah parah, kaki kanan gua juga luka selebar lutut. sakit.. pasti, tapi hati gua jauh lebih sakit dari itu.

Berat buat gua melalui beberapa hari ini, 
waktu pertama kali sampai di rumah sakit, yang pertama kali gua pikirin cuma berbagai kegiatan yang harus gua tinggal, 
Setelah sekian lama gua gak pernah nangis, gua cuma bisa nangis saat itu, rasanya hari itu gua udah gak kuat lagi nanggung semuanya, sampai dokter nyuruh gua diem karena gua berisik abis. 
kerjaan, tanggung jawab, anak-anak di kegiatan relawan, dan betapa gua bakal nyusahin ayah dan ummi.
Setelah itu, semuanya berputar di atas kepala gua,  i cant handle it. 
"Baru aja dapet apron dan name tag di BBW" 

Sedih banget rasanya, sakit di muka gua ketika kegasrut aspal, tangan gua yg berdarah parah, sampe kaki gua yg gak bisa gerak, bener-bener gak sebanding sama semua itu. Saat itu, gua cuma bisa menyalahkan diri gua sendiri, dan mengutuk betapa bodohnya gua karena terlalu memaksakan diri.
Gua kurang istirahat, terlalu banyak aktivitas yang gua jalani, badan gua, cuma gua pake buat kerja, kegiatan ini dan itu, sampai akhirnya Allah nyuruh gua buat istirahat, lewat jalan ini.

Di hari selanjutnya, banyak banget yang jenguk gua. Mulai dari temen komunitas relawan sampai kesayangan-kesayangan gua, temen KKN.  Ini bener" membuktikan kalau gua gak sendirian, ada kok yang perduli sama gua, gua gak boleh nyerah, gua harus bertahan. 

Mereka udah kaya ngisi dan memperbaiki batere hidup gua yang bocor dan rusak setelah kebanting aspal. Gua sangat amat berterimakasih, sama temen-temen yang udah jenguk dan semua orang yang udah ngasih gua semangat, nyuruh gua buat istirahat, dan mendoakan kesembuhan gua.
Makasih juga buat temen-temen yang udah berkenan handle kegiatan yang dimana gua seharusnya jadi penanggungjawab di situ, gua bersyukur banget ada yang backup, alhamdulillah.. Allah permudah semua. Mungkin ini cara Allah biar gua jadi lebih dewasa, Allah gak akan kasih gua masalah ini kalau gua gak mampu. Besar harapan gua di bulan Maret ini, yang merupakan bulan lahir gua, semoga, gua mampu melewati semua dengan sebaik-baiknya cara.

Setelah bedrest beberapa hari, gua harus bisa dan mampu untuk menerima semuanya, kalau gua gak mampu untuk handle semua di waktu yang sama, tubuh gua juga butuh istirahat. 

Walaupun nyatanya gua harus resign jadi crew bbw, harus ganti rugi dan harus ngerasain sakit di seluruh badan, gua paham. Ini sebuah pembelajaran hidup, salah satu part yang mungkin bisa gua anggap paling berat di tahun ini. Yang mau gak mau harus gua jalani dan gua lewati supaya kedepannya gua lebih kuat dan jauh lebih baik lagi dalam mengatur waktu dan kegiatan.

Disetiap luka yang ada, pasti ada obatnya
Disetiap musibah pasti ada faedahnya
Lewat kejadian ini seenggaknya gua tau, kalau gua itu berharga. serius! 
Ayah dan Ummi gua sayang banget sama gua, mereka begitu bersyukur karena gua masih bisa ada di antara mereka saat ini, detik ini. 
Gua jadi tau, siapa temen yang bener-bener perduli dan selalu ada ketika gua lagi down dan perlu support dari banyak orang. 
Lewat kejadian ini juga, gua jadi belajar, untuk lebih menghargai dan menjaga apa yang sudah ada, bukannya terlalu mengejar secara berlebihan yang belum tentu didapat nantinya. 
Dari sini, gua belajar untuk gak menyalahkan diri sendiri, menempatkan segala sesuatunya sesuai porsinya masing-masing, dan menyadari bahwa self love itu penting, rehat itu penting, dan menentukan skala prioritas juga sama pentingnya.

During your transformation, you might feel like everything is falling apart, but in reality everything is coming together for your highest good. You’re being pushed to evolve and get out of your comfort zone so you can live and experience your true greatness. Welcome change. -jojoanset 

Terimakasih masalah besar, 
Gua punya Allah yang lebih besar,
Gua punya Orangtua yang selalu sayang,
dan punya banyak teman-teman baik yang perduli
Barakallah!

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, sampai bertemu di tulisan-tulisan selanjutnya!

Much love 💌
-KASART








No comments:

Post a Comment