Pentingnya Menggunakan Sunscreen untuk Melindungi Kulit dari Bahayanya Sinar Matahari


Artikel ini membahas tentang pentingnya sunscreen dan review product 

Hallo! Assalamualaikum !
kembali lagi dengan artikel dari kasart nih, pembahasan kali ini adalah sebarapa pentingnya sunscreen digunakan dalam keseharian kita.

Mungkin sebagian dari pembaca blog ini seringkali melihat gua reapply sunscreen di kamar mandi, di atas motor, di kelas, atau bahkan setelah makan siang.
sebenarnya hal ini dilakukan bukan tanpa alasan guys bukan juga untuk memperbaiki tampang gua yang begini-gini aja, tapi memakai sunscreen memang sepenting itu dan kalau misalnya tidak dilakukan efek jangka panjangnya bisa membahayakan lho,. Makadari itu gua  pribadi selalu menjadikan sunscreen sebagai salah satu barang yang wajib dibawa di pouch makeup, kenapa? yuk simak pembahasannya!
Apa itu sunscreen?
Sunscreen merupakan produk yang bisa dibilang sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, terutama sinar ultraviolet. Zat yang berasal dari sunscreen sangat amat dibutuhkan oleh kulit kita, karena sinar ultraviolet itu sangat buruk, itulah kenapa kita harus memakai sunscreen setiap hari dan meminimalisir paparan sinar ultraviolet.
Sunscreen biasanya dengan mudah bisa dijumpai di berbagai drugstore seperti Watsons, Guardian, dan Century.

Sunscreen pada dasarnya memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. 
Banyak lho orang yang gak tau bahwa sinar ultraviolet itu bisa menyebabkan keriput dan garis halus di wajah yang merupakan sebuah tanda penuaan dini. tidak hanya itu saja guys, kalau kamu gak pake suscreen bisa menimbulkan flek hitam juga lho di wajah. dan flek hitam pada wajah dan parahnya bisa menyebabkan KANGKER KULIT! Serem banget gak sih?! 
Nah, UVB juga menimbulkan efek yang gak kalah parahnya, selain bisa menyebabkan kulit gosong dan menghitam alias kusam bin dekil yang gak banget deh ya kalau diliat orang. Percuma aja gitu, skincarean setiap hari, rajin maskeran, belanja produk drugstore yang bisa dibilang lumayan mahal. tapi gak pake sunscreen, sama juga bohong.Maka dari itu, gunakanlah sunscreen setiap hari agar kamu terhindar dari efek buruk kedua kandungan pada sinar matahari tersebut. 

Kenapa menggunakan sunscreen itu sangat penting?
Kalau kamu sudah menggunakan berbagai macam tahapan skincare mulai dari yang cair ke kental, mulai dari yang mahal sampe yang murah tapi wajahmu masih tidak ada perubahan atau masih kusam. Mungkin sebab utamanya adalah kamu belum menggunakan sunscreen. kasartt tegaskan sekali lagi ya, sunscreen itu memang penting banget dan sudah sepatutnya masuk dalam tahapan skincare routinemu. Jadi, jangan gunakan sunscreen hanya ketika mau berenang atau mau pergi ke pantai saja ya! 
Sunscreen itu harus tetap digunakan walaupun kamu cuma mau pergi ke warung atau kantin kampus. maksudnya gimana tuh? ya jadi, sedekat apapun tujuanmu, sedekat apapun kamu berpergian, kalau kamu belum memakai sunscreen, maka kamu wajib pakai dulu, iya sepenting itu lah sunscreen.
Bahkan saat umur baru menginjak 6 bulan, sunscreen sudah harus digunakan lho.

Bagaimana menggunakan sunscreen yang benar?

Supaya kulit terlindungi dengan efektif perlu takaran tepat untuk mengaplikasikan sunscreen. untuk yang masih bingung harus menggunakan sunscreen minimal sebanyak apa, ingat saja goyang dua jari atau peace sign. jadi, pakailah sunscreen minimal sepanjang dua jari.



Kenapa sunscreen perlu di aplikasikan berulang kali?

Nah, namun, kalau sudah menggunak sunscreen bukan berarti kita sudah kebal sama sinar matahari dan terlindungi dari paparan sinar ultra violet setiap hari. Kita tetap harus reapply setidaknya dua jam sekali. Kenapa? karena tentunya  sunscreen juga bisa memudar dan tidak selamanya stay di wajah kita. 

Review Product
Nah, setelah pembahasan diatas, kasart akan mereview sedikit dua buah sunscreen yang bisa dibilang sangat affordable dan memiliki kualitas yang cukup baik. 
  • Emina Sun Protection SPF 30 PA +++
Sunscreen ini adalah sunscreen pertama yang kasart miliki. Seperti produk sunscreen pada umumnya, Emina Sun Protection ini memiliki klaim membantu melindungi kulit dari sinar UV. Di belakang kemasannya tertulis jika produk sunscreen Emina ini dilengkapi dengan SPF30 dan PA +++, serta diperkaya dengan Aloe Vera Extract dan emollient untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit.
Untuk kemasan, Emina Sun Protection dikemas dalam kemasan tube dengan tutup flip top yang didominasi dengan warna putih dan oranye yang memberikan kesan girly. Nah, salah satu kelebihan dari kemasan produk sunscreen ini adalah di bagian lubang dalamnya ditutupi oleh aluminium foil yang menjaga kebersihan isi produknya. Tekstur produk dari Emina Sun Protection ini seperti lotion berwarna putih dan terasa ringan saat diaplikasikan pada wajah dan juga mudah menyerap di kulit. Sedangkan untuk aroma, produk ini memiliki aroma manis yang cukup lembut dan menyegarkan, sama sekali tidak mengganggu. Namun sayang sekali kasart tidak begitu menyukai produk ini, karena finishnya bisa dibilang tidak begitu bagus dan malah whitecast dan membuat kuliit wajah jadi kusam.

Harga : Rp.30.000

  • Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++
Nah, ini adalah sunscreen yang sampai sekarang masih menjadi favorit kasart, selain karena harganya yang cukup terjangkau, sunscreen skin aqua ini sangat cocok untuk skin type kasart yaitu dry skin!
selain dilengkapi dengan SPF 50, sunscreen skin aqua ini memiliki tekstur cair yang sangat ringan bila diaplikasikan ke kulit wajah. Ketika diaplikasikan pun sangat nyaman dan cepat menyerap, tanpa meninggalkan rasa lengket di wajah. tidak hanya itu, skin aqua ini tidak meninggalkan whitecast juga, lho! 

Harga : Rp. 50.000


---------------------------------

Terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel berikutnya!

Reference:
https://journal.sociolla.com/

17 comments:

  1. Makasih banget kak infonya, sangat bermanfaat:) Jujur aja ya kak, saya tuh gapernah pake skincare apapun. Dan akibatnya wajah saya mudah banget kebakar sinar matahari. Mungkin saya harus pakai sunscreen kali yaa hehehe.. Saya jadi pengen banget deh beli sunscreen ituu

    ReplyDelete
  2. Makasih banget kak infonya, sangat bermanfaat:) Jujur aja ya kak, saya tuh gapernah pake skincare apapun. Dan akibatnya wajah saya mudah banget kebakar sinar matahari. Mungkin saya harus pakai sunscreen kali yaa hehehe.. Saya jadi pengen banget deh beli sunscreen ituu

    ReplyDelete
  3. Makasih banyak kak artikel ini.. Aku pake skin aqua uv bagus banget tuh bisa digunakan di wajah dan nggak lengket sma sekali ter fav dah... Top BGT

    ReplyDelete
  4. sekarang baru tau betapa pentingnya sunscreen makasih ya kak... dulu saya selalu pakai sunscreen tapi karna tiba tiba muka saya berjerawat saya sudah berenti memakainya, tapi karna saya membaca artikel ini besok mungkim saya akan memakai sunscreen lagi karna sudah tahu seberapa penting sunscreen dibutuhkan untuk kulit manusia bahkan dari usia 6 bulan wooowww

    ReplyDelete
  5. wahhh makasih buat referensi screensun nya bermanfaat banget nih buat cewek2 yg kerja diluar rumah top bgtt dahh bisa dicoba nih referensinya makasih ka

    ReplyDelete
  6. Makasih kak referensinya. Belum lama ini gw pindah ke Surabaya. Panas uiy. Apalagi sering aktivitas pas siang-siang jadi bener-bener kebakar nih kulit. Patut di coba nih muga manjur!

    ReplyDelete
  7. Selama ni saya pake sunscreen tipis2 apalagi habis wudu kadang ga pasang lagi karena malas,tapi habis baca artikel ini jadi ngerti kenapa sunscreen tu penting bgt,terutama saat keluar rumah biar ga keriput hihi

    ReplyDelete
  8. Wah Makasih banget kak infonya, sangat amat bermanfaat:) saya seumur hidup belum pernah pake sunscreen maklum cowok kurang peduli sama kukit dan diri tapi setelah baca artikel ini saya jadi kepikiran untuk merawat diri dan menjaga kesehatan, bahwa sangat penting memakai sunscreen untuk diri kita. Sekali lagi Makasih banget ya kak atas artikelnya

    ReplyDelete
  9. Bagus nih artikelnya, thanks ya. Biasanya gua ga terlalu meduliin kukit sih, tapi jadi lebih mikir2 juga buat njaga kulit biar lebih sehat. Kan klo kulitnya sehat nambah catikc/ganteng juga kann

    ReplyDelete
  10. Terimakasih atas artikel nya yang membahas tentang pentingnya menggunakan sunscreen saya jadi tau apa manfaat dari sunscreen dan saya menjadi lebih memedulikan kulit saya sehingga saya memutuskan untuk menggunakan sunscreen

    ReplyDelete
  11. IYAA BETUULL...!!! beberapa hari kemarin ituu, aku sempet lupa makee, terus akibatnya mukaku langsung jadi belang (pake kerudung).. jadi aneh bangett.. buat kalian diluar sanaa, jangan sampe lupa pake sunscreen ya guys! karna emang bener bgt sunscreen emang diperlukan, terutama buat kita yang sebagian besar kegiatan ada diluar ruangann.. BTW! MAKASIH KAK INFONYAA EHEHE

    ReplyDelete
  12. Thank you kak buat informasinya! Sekaligus ‘pengingat’ buat aku kalau pake sunscreen itu penting banget, agar terlindung dari sinar matahari yang jahat. Aku juga baru tau tentang cara pake sunscreen yang benar & aku jadi pengen pake sunscreen daily, apalagi remaja yang sering aktivitas dibawah sinar matahari ๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  13. Wahhhh...kebetulan diriku pakai yg emina. Memang sih sunscreen wajib dipakai. Sampai di kantongin dibawa kemana mana. Apalagi pas upacara. Kdang sampai lamanya amanat , klo lupa pakai sunscreen muka kaya kebakar gitu.

    ReplyDelete
  14. Baru tau manfaat sunscreen sebesar itu untuk kulit, pas bgt dengan kondisi iklim indonesia yang beriklim tropis yang tiap hari pasti asal jalan panas, makanya produk sunscreen bisa laku keras di indonesia, makasih bgt infonya

    ReplyDelete
  15. Terima kasih atas informasinya ya kak. Sangat bermanfaat untuk saya yang jarang bahkan tidak pernah pakai sunscreen skin ini. Dengan adanya informasi tersebut, saya jadi tertarik mencoba menggunakan sunscreen skin supaya saya terlindungi dari paparan sinar matahari.

    ReplyDelete
  16. Makasih banget kak. Jadi sadar kalo males itu berdampak buruk untuk kesehatan :"
    Setelah baca blog ini aku jadi membuka mata dan pikiran betapa pentingnya merawat tubuh terutama kulit. Makasih pula udah mencantumkan merk serta harganya kak.... Langsung capcus beli ahhh.
    Cauuww dulu :*

    ReplyDelete
  17. Baru tau manfaat sunscreen sepenting itu, jujur selama ini aku taunya sunscreen cm dibutuhin kalo kita ke pantai atau tempat yg panas2 aja ternyata harus segitu rutinnya ya. menurut aku ini artikel terlengkap yang bahas tentang sunscreen ada bonus review produknya lagi, habis lgsg cuss beli๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete