Finlandia Negara Paling Bahagia dan Ummat Muslim di Dalamnya



Artikel ini membahas tentang negara finlandia dan ummat islam yang merupakan kaum minoritas.

Apa yang ada dalam fikiranmu jika mendengar kata 'finlandia'?
Apakah sebuah negara yang memiliki sistem pendidikan yang luar biasa? negara yang memiliki komunitas dan siswa internasional yang beragam? atau merupakan lokasi yang ideal bagimu untuk menjelajahi negara-negara Uni Eropa dan Skandinavia? 
Apapun yang kamu pikirkan, Secara ringkas, dapat dikatakan Finlandia merupakan gambaran  sebuah negara ideal. Dan seiring berjalannya waktu, Finlandia juga memiliki komunitas muslim yang berkembang pesat, lho. yuk simak ulasannya dibawah ini! 

Tahun 2018 ini, Finlandia di nobatkan sebagai negara paling bahagia dan aman sedunia.
Dua gelar bergengsi tersebut tercatat dalam World Happiness Report yang dikeluarkan PBB pada bulan Maret kemarin, Finlandia menempati peringkat pertama negara paling bahagia sedunia.  Selanjutnya, dari Travel and Tourism Competitiveness Report 2017 yang dikeluarkan WEF (World Economic Forum), Finlandia juaranya negara paling aman sedunia
Bukan hanya itu, menurut sejarah, Finlandia adalah  negara pertama di Eropa yang mengakui organisasi komunitas Muslim lho!

Lalu bagaimana keadaan ummat muslim di Finlandia saat ini ya kalau berdasarkan fakta di atas ?
Meski jumlah kaum Muslim hanya sekitar 60 ribu dari sekitar 5,5 juta penduduk Finlandia, keadaan mereka lebih aman dan harmonis dibandingkan ummat muslim lain yang berada di negara-negara Eropa tertentu yang menghadapi peningkatan .

Saat ini, terdapat tidak kurang dari 72 komunitas Islam di Finlandia, termasuk di antaranya adalah komunitas Muslim Finlandia pribumi. Sejumlah komunitas tidak terdaftar sebagai komunitas resmi, namun mereka tetap memiliki anggota karena keberagaman umat Islam di sana. Komunitas-komunitas tersebut berperan penting dalam dakwah Islam, juga Islamisasi di Finlandia.
Hingga saat ini, jumlah penduduk Finlandia (nonimigran) yang telah masuk Islam diperkirakan telah mencapai 1.000 orang. Mayoritas adalah perempuan yang menikahi pria Muslim.
Selain sebagai media dakwah, komunitas juga menjadi semacam media interaksi umat Muslim Finlandia meski hanya sekitar 8.000 dari 60 ribuan Muslim di Finlandia yang menggabungkan diri dalam komunitas. Masjid dan rumah-rumah shalat yang mereka dirikan memungkinkan umat Islam dengan berbagai kultur berbaur di dalamnya.

Hal itu karena Muslim Finlandia berasal dari berbagai etnis, ditinjau dari bahasa yang digunakan. Statistik Finlandia tahun 2009 yang dikutip Wikipedia menyebutkan, etnis dengan jumlah Muslim terbesar di negara tersebut adalah Somalia (11.681 jiwa), Arab (9.682), Albania (6.736), Turki (5.068), dan Persia (4.548).

Nah, kalau menilik sejarah, memang kebanyakan Muslim Finlandia adalah imigran atau keturunan migran yang mulai datang dalam jumlah signifikan sejak 1990-an. Penduduk Muslim ‘asli’ Finlandia adalah keturunan bangsa Tatar (dalam bahasa Finlandia disebut Suemen Tatarit dan dalam bahasa Swedia dipanggil Fintandska Tatarer. Nenek moyang Muslim Tatarer Finlandia datang ke Finlandia pada awal abad 19. Banyak di antara generasi pertama mereka bekerja sebagai tentara atau pegawai pemerintahan otonom Finlandia di bawah kekuasaan Tsar Rusia.  Generasi selanjutnya banyak yang menjadi petani dan pedagang di berbagai kota besar dan kecil di Finlandia. 
Di Finlandia Islam adalah agama  minoritas. Dengan jumlah penganut sebesar 50 ribu sampai 60 ribu jiwa. Sebagian besar dari mereka tinggal di kawasan Finlandia Selatan.
Namun di dalam struktur pemerintahannya, Finlandia termasuk negara yang memberikan kebebasan beragama bagi warganya lho. Sehingga, meski Islam adalah minoritas, umat Muslim Finlandia dapat beribadah dengan leluasa.
Tak ada batasan ruang gerak untuk Muslim yang ingin menjalankan shalat Jumat, shalat Ied, berhijab, bahkan para pedagang yang ingin menyediakan makanan halal. Tak heran bila ikan salmon, bagi Muslim Finlandia, selain merupakan mesin penghasil uang terbesar, juga dijadikan sebagai makanan alternatif yang terjamin kehalalannya.
Umat Islam di Finlandia juga tidak kesulitan mendirikan masjid. Mereka berhasil mendirikan sekitar 18 masjid di Finlandia. Sebagian besar memang bangunan biasa yang dialihfungsikan menjadi masjid. Masjid-masjid itu digunakan oleh banyak komunitas Muslim untuk kegiatan-kegiatan ibadah..
---------------------------------
Wah bagaimana? keren banget ya? selain dinobatkan menjadi negara paling bahagia di dunia, Finlandia juga memberikan kebebasan menjalankan ibadah bagi tiap pemeluk agama, tak terkecuali Islam yang berkembang pesat dan dinamis. 
Terimakasih telah membaca artikel ini, kalau kamu ingin melihat artikel lengkapnya, klik link dibawah ini ya. sampai bertemu di artikel selanjutnya!
Click this link for more detail

16 comments:

  1. MaaSyaaAllah.. Saya setuju banget nih kak. Dari dulu saya memang kagum banget sama negara yang satu ini. Finlandia itu selain negaranya memang sejahtera, juga sistem pendidikannya yang luarbiasa. Dan dari info artikel ini, saya makin kagum dengan negara tersebut. Meskipun muslim minoritas disana, tapi tetap bisa rukun dan damai. Salut bangeettt:)♡

    ReplyDelete
  2. MaaSyaaAllah.. Saya setuju banget nih kak. Dari dulu saya memang kagum banget sama negara yang satu ini. Finlandia itu selain negaranya memang sejahtera, juga sistem pendidikannya yang luarbiasa. Dan dari info artikel ini, saya makin kagum dengan negara tersebut. Meskipun muslim minoritas disana, tapi tetap bisa rukun dan damai. Salut bangeettt:)♡

    ReplyDelete
  3. Barakallahu fikum.. Mba .. Artikel nya bagus sekali..

    ReplyDelete
  4. Mashaallaahhh artikelnya bikin terharu:') emng finlandia tuh selain negara yg pendidikan nya bagus ternyata islaminya jg keren ๐Ÿ˜ญ

    ReplyDelete
  5. MashaAllah seneng baca artikel kayak gini. Bisa punya gambaran tentang saudara2 muslim kita di belahan dunia sana. Selama ini cuman tau kalau Finlandia dinobatkan sebagai negara dengan pendidikan nomer 1 tapi ternyata diimbangi sesi agama yg keren juga. Jujur saya dulu sempet kepikiran "enak ya lahir di negara maju seperti Jepang,Jerman, Amerika,dll". Tapi kini saya beryukur lahir di Indonesia karena selain islam mayoritas disini mudah buat cari majelis ilmu.

    ReplyDelete
  6. MaaSyaaAllah.. Selama ni saya taunya finlandia adalah negara dg sistem pendidikan terbaik,tapi ternyata ga cuman pendidikannya yg oke tapi toleransi umat beragamanya juga mendukung

    ReplyDelete
  7. Masya Allah..
    Dari dulu saya emang kagum banget sama negara ini. Finlandia itu memang negaranya memang sejahtera, juga sistem pendidikannya yang luarbiasa dan toleransinya bagus. Kapan ya Indonesia bisa kyk Finlandia...

    ReplyDelete
  8. masha allah, negara finlandia memang negara yg patut di contoh mulai dari pendidikannya,sikap toleransi tiap individu . sungguh jika indonesia seperti ini akan lebih baik kedepannya..

    ReplyDelete
  9. Wagelasehhh, pengen banget Indonesia bisa kek gitu ๐Ÿ˜ญ Bisa akur, hidup aman tentram. Wahh jadi pengen hidup disana wkwkwk. Tapi gua tetep lebih cinta Indonesia, ga jadi ajalah :v

    ReplyDelete
  10. Masha allah saya sangat setuju dengan artikel kakak yang membahas tentang negara muslim Jdi pingin deh pergi kesana , negara finlandia sangat patut di contoh dari segala hal yg baik .terimakasih atas artikelnya

    ReplyDelete
  11. Gonna be my bucket list buat pergi dan travelling ke sana! ๐Ÿ˜
    Bangga dan speechless ngeliatnya, bisa sedamai dan seakur itu dengan sesamanya. Bahkan ditengah banyaknya perbedaan yang mencolok, seperti agama, masih tetap dapat di toleransi oleh mereka. Semoga Indonesia ke depannya dapat mencontoh dan menerapkannya dalam keberagaman kita di Indonesia ini..

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah, masyarakat finlandia memang perlu dicontoh oleh masyarakat indonesia untuk bisa lebih menghargai sesama dan toleransi beragama dengan tanpa mengesampingkan perbedaan namun menyatukan nya, pindidikan karakter yang sangat baik telah ditunjukkan oleh masyarakat finlandia semoga indonesia bisa semakin berbenah.

    ReplyDelete
  13. Wah, sepertinya jika kita tinggal di negara Finlandia bahagia sekali ya kak. Tetapi, saya harap masyarakat Indonesia dapat mengikuti kebiasaan masyarakat Finlandia yang memiliki rasa saling menghargai dan rasa saling perduli yang sangat besar tanpa membeda-bedakan agama.

    ReplyDelete
  14. Wuuuuaaahhhhhh......
    Bukan cuma menulis tentang hal yang ada di Indonesiaa.. ternyata kakak juga menukis hal yang ada diluar negeri jugaaa....
    .
    .
    .
    Dengan ini jadi tahu islam yang ada di negara Finlandia. Ternyata bahagia juga ya :)

    ReplyDelete
  15. wah masyaallah..artikel ini membuka pandanganku bahwa negara finlandia ternyata sangat toleran dg muslim salut pokonya buat finlandia.. semoga Allah beri rejeki aku untuk kesana aamiin๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete