Pentingnya Penataan Ruangan dan Perabot pada Perpustakaan Umum



    Artikel ini membahas tentang pentingnya penataan ruangan dan perabot pada perpustakaan umum serta analisis tata ruang yang ada pada Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta

   Assalamualaikum, Hallo guys! Pada artikel kali ini, kasart akan membahas pentingnya penataan ruangan dan perabot pada perpustakaan umum. mungkin di antara kalian ada yang pernah mengunjungi perpustakaan yang memiliki desain interior serta tata ruang yang memanjakan para pengunjungnya dengan berbagai perabot serta fasilitas penunjang yang memuaskan. Nah, sebagai pengunjung sekaligus pemustaka tentunya kalian ingin menerima pelayanan dan menikmati tempat yang nyaman, apalagi perpustakaan merupakan pusatnya informasi yang diharapkan bisa membuat para pemustakanya dapat menemukan informasi yang dicari. Yuk simak pembahasannya berikut ini!

  •    TATA RUANG DAN PERABOT DALAM PERPUSTAKAAN UMUM
            Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang diperuntukkan bagi masyarakat luas sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, suku, ras, agama, dan status sosial-ekonomi. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan.
            Pada dasarnya, perpustakaan umum terdiri atas area atau ruang untuk mendukung berbagai bentuk layanan perpustakaan dan digunakan untuk berbagai kelompok pengguna. Adapun tata ruang perpustakaan merupakan salah satu cara untuk menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan dalam perpustakaan dengan upaya penyusunan perabot dan perlengkapan perpustakaan pada tata letak dan susunan yang tepat serta pengaturan tempat kerja sehingga memberi kepuasan kerja para pustakawan dan pengguna perpustakaan secara efisien dan efektif disebuah perpustakaan.
            Berdasarkan hal yang terkait diatas maka penataan ruangan perpustakaan perlu dilakukan secara hati-hati dan mempertimbangkan berbagai aspek. Untuk dapat memikat perhatian pemustaka agar mau datang ke perpustakaan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui penataan ruangan yang menarik dan fungsional (Suwarno, 2011: 45).
Ruangan yang tertata rapi dan buku–buku yang juga tertata akan membuat suatu perpustakaan memberikan nuansa nyaman sehingga pemustaka tertarik untuk membaca buku dan betah berada di perpustakaan (Anugrah, 2013)

·   Area Penerimaan : Area ini mungkin bisa disebut juga sebagai Aula. Dimana, area ini merupakan  bagian terdepan dari sebuah perpustakaan umum. Jadi tentunya Perabot dan penaataan untuk ruangan utama ini harus tertata rapi namun tidak kaku, sehingga memberikan kesan menarik dan mengundang, serta memberikan berbagai informasi singkat yang membuat pengunjung dapat menangkap keseluruhan layanan perpustakaan. Di Perpustakaan Umum Cikini sendiri memiliki area penerimaan yang terbilang cukup luas, lengkap dan sangat menarik. Karena terdapat ruang display koleksi Herbarium yang menampilkan banyak koleksi menarik. Herbarium merupakan istilah yang pertama kali digunakan oleh Turnefor (1700) untuk tumbuhan obat yang dikeringkan sebagai koleksi. Koleksi herbarium ini menyambut setiap pengunjung perpustakaan ketika masuk lobby utama Perpustakaan Umum Cikini. Selain koleksi Herbarium terdapat juga prakarya anak-anak hasil berbagai lomba yang pernah dilaksanakan di Perpustakaan Umum Cikini. Tidak hanya itu, di area penerimaan ini, terdapat layanan sirkulasi, pengunjung perpustakaan dapat mendaftar menjadi anggota,  memperpanjang masa keanggotaan, melakukan peminjaman dan pengembalian buku, serta layanan penitipan barang/loker.  Berdasarkan layanan, informasi, serta peraturan yang dipajang di area penerimaan ini mencerminkan image yang ingin ditampilkan oleh perpustakaan umum cikini Image pelayanan yang ramah dan profesional, serta berbagai kekhasan dari perpustakaan cikini telah ditampilkan dengan baik di area penerimaan perpustakaan cikini.

·    Area Penunjang : Untuk mendukung kelancaran kegiatan, khususnya pada perpustakaan umum yang cukup besar perlu disediakan berbagai area penunjang, contohnya WC dan gudang. Area-area penunjang ini diperlukan untuk mendukung kenyamanan pengguna perpustakaan, serta mendukung kelancaran kegiatan sehari-hari perpustakaan. Untuk menunjang peranan perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat, pada perpustakaan umum dapat disediakan ruang penunjang lain berupa ruang pertemuan serbaguna untuk kegiatan insidentil seperti seminar, workshop, kursus-kursus dan pameran. Ruang pertemuan dilengkapi dengan kursi-kursi yang nyaman sesuai dengan kapasitas ruang, fasilitas presentasi, dan peralatan lain yang dibutuhkan. Jenis dan penataan perabot harus memungkinkan penggunaan ruang secara maksimal Perpustakaan cikini tentunya memiliki area penunjang ini, WC terdapat di lantai dasar yang berdekatan dengan area penerimaan perpustakaan cikini serta ruang pertemuan dan ruang rapat yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Perpustakaan Umum Cikini memiliki dua ruang pertemuan berkapasitas 200 orang dan 25 orang. Semua fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan pengguna perpustakaan untuk beragam keperluan secara gratis dengan tentunya terlebih dahulu memenuhi prosedur pemanfaatan ruangan perpustakaan.

·   Area Baca : Pada dasarnya suatu perpustakaan umum yang besar ataupun kecil memerlukan suatu ruangan yang perlu disediakan yaitu ruang baca. Kenyamanan ruang baca sangat penting karena dapat membuat pembaca merasa betah berada di dalamnya. Letak ruangan sebaiknya tidak di daerah yang ramai karena dapat mengganggu pembaca. Selain itu perabotan yang digunakan juga harus bisa memberikan kenyamanan. (Sjahrial-Pamuntjak 2000:26),
Pada dasarnya, apapun bentuk maupun ukuran perabotan yang digunakan haruslah sesuai dengan kebutuhan sebab setiap perpustakaan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Perabotan dipilih sesuai dengan luas ruangan, jumlah pembaca, dan sebagainya. Seperti halnya di perpustakaan cikini, area baca disesuaikan berdasarkan usia dan kebutuhan para penggunanya.

·    Area koleksi: Perpustakaan umum menerapkan sistem layanan terbuka, yaitu pengguna perpustakaan dapat memilih dan mengambil sendiri koleksi yang ingin digunakannya. Dalam penataan ruang untuk sistem layanan terbuka, koleksi perpustakaan dapat dikelompokkan tersendiri terpisah dari area membaca, ataupun terintegrasi dengan area membaca. . Suatu perpustakaan yang menggunakan system layanan terbuka atau open access ruang baca sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan si pengguna dapat melihat dan memeriksa sendiri koleksi perpustakaan sesuai dengan yang dicarinya atau tidak maka si pengguna membutuhkan ruang baca untuk membaca sebelum meminjam koleksi tersebut. Sebagian besar ruangan perpustakaan digunakan sebagai ruang koleksi sehingga ruang baca biasanya berdekatan dengan ruang koleksi. Hubungan antar ruangan ini perlu diperhatikan karena dapat mempermudah pengguna dalam memanfaatkan koleksi. Di perpustakaan cikini, area baca dan area koleksi ditempatkan pada satu ruang lingkup yang sama. Dengan penataan rak, meja, kursi dan perabot lainnya yang cukup baik membuat pemustaka mudah mengakses koleksi yang ada.

·   Area Audiovisual/Multimedia : Perkembangan teknologi saat ini menjadikan setiap perpustakaan perlu menyediakan koleksi dan ruang yang memadai agar pengunjung dapat memanfaatkan koleksi audiovisual, akses internet dan perpustakaan digital. Pada area multimedia dapat disediakan sejumlah komputer dan peralatan pandang dengan lain seperti tape, video/DVD player, dan televisi. Area ini umumnya ditempatkan dalam satu kelompok tersendiri yang terpisah dari area lain. Namun, pada perpustakaan cikini, area ini ditempatkan pada area yang sama dengan area baca dan koleksi.

Area Kerja Petugas : Merupakan area yang dilengkapi dengan perabot dan fasilitas yang mendukung petugas melakukan kegiatannya secara efektif dan efisien. Kegiatan petugas terdiri dari pelayanan (informasi, sirkulasi), pengolahan koleksi perpustakaan (inventarisasi, katalogisasi, klasifikasi, penyelesaian fisik dan pengaturan koleksi), pemeliharaan koleksi (reproduksi, penjilidan kembali, laminasi atau penyampulan koleksi serta penyiangan) serta pekerjaan pengelolaan umum (administrasi, keuangan)

  • STRATEGI PENGEMBANGAN LANJUTAN
            Penataan ruang dan perabot perpustakaan yang tepat mampu mendukung upaya mewujudkan citra perpustakaan umum masa kini. Selanjutnya perpustakaan umum diharapkan dapat terus berkembang menjadi lebih baik. Berikut ini adalah beberapa strategi lanjutan untuk dapat meningkatkan peran perpustakaan umum sebagai pusat kegiatan masyarakat.

·    Fleksibilitas Fungsi Perpustakaan Umum
Pada saat ini, perpustakaan tidak hanya menjadi sarana edukatif saja, tetapi juga menjadi sarana rekreatif. Walaupun menjadi sarana rekreatif, tetap tidak mengurangi fungsi utama dari perpustakaan tersebut. Di Indonesia, Kesan suram, sunyi, bahkan berdebu masih lekat dengan perpustakaan. Namun, bila mengunjungi Perpustakaan Cikini kesan itu akan hilang. Perpustakaan yang modern, ceria, dan kekinian, langsung menyergap begitu sampai di pintu masuk. Hal ini tidak lepas dari tata ruang yang ada di perpustakaan, dengan pengelolaan tata ruang perpustakaan yang semakin modern membuat perspektif buruk akan perpustakaan yang membosankan pun perlahan menghilang.

·     Aspek 'Ramah Lingkungan' dalam Desain Tata Ruang Perpustakaan Umum
Ruang bagi perpustakaan merupakan hal penting setelah koleksi bahan pustaka. Dalam ruang-ruang perpustakaan pemustaka beraktivitas. pemustaka dapat berlama-lama membaca atau mencari informasi yang mereka butuhkan. Ruangan yang nyaman akan menarik orang untuk datang ke perpustakaan. Tata ruang perpustakaan diyakini dapat mempengaruhi atau meningkatkan minat baca. Untuk itu perpustakaan memerlukan penataan atau desain tata ruang. Guna menyediakan ruang yang representatif untuk memfasilitasi orang membaca. Ruang perpustakaan yang memiliki lay out, perabot, pengkondisian ruang, penghawaan, pencahayaan serta penggunaan warna cat dinding berkarakter dan nyaman akan mengoda orang untuk singgah.

·    Pemanfaatan Teknologi Dalam Pengelolaan Perpustakaan
Pemanfaatan teknologi sangat berpotensi memicu meningkatkan minat baca dalam budaya digital. Upaya tersebut merupakan hal sangat berharga untuk dilakukan.  Mengapa? Karena kini tawaran kemudahan akses informasi sudah semakin nyata. Dengan hadirnya budaya digital dan teknologi yang berkembang kian pesat memungkinkan orang membaca disebarang tempat dan waktu. Maka menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang nyaman untuk membaca memiliki tantangan tersendiri. Tantangan yang menarik untuk dilakukan bila tidak ingin perpustakaan semakin sepi pengunjung.

·     Pengembangan Perpustakaan Umum Dengan Partisipasi Masyarakat
Masyarakat sebagai pengguna perpustakaan adalah pihak yang mengetahui kebutuhan informasi seperti apa yang ia butuhkan, untuk itu pihak pengelola perpustakaan perlu memperhatikan aspirasi masyarakat dalam pengembangan perpustakaan. Selain itu masyarakat juga dapat dimanfaatkan sebagai pelopor sekaligus pengelola perpustakaan di lingkungan sekitar. Perpustakaan tersebut dapat berupa perpustakaan desa, masjid, gereja dan lain sebagainya. Pendirian perpustakaan ditingkat lingkungan tersebut merupakan usaha pemerataan layanan perpustakaan.

20 comments:

  1. wah, keren ni

    penting banget sih, menurut saya dengan penataan yang baik serta menarik, sangat menggoda para pengunjung betah didalam perpustakaan. Apalagi yang dibarengi fasilitas seperti Buku yang super lengkap, Ac, Wifi, sama open 24 jam.

    ReplyDelete
  2. Tepat sekali, Penataan ruang yang baik dan unik tentunya seperti pada perpustakaan akan membuat siapa saja nyaman membaca buku, tetapi sayangnya jangankan minat membaca, perpustakaan umum yg ada diaerah saya tak banyak pengunjungnya karna kurang menarik dan tak diperhatikan, mungkin dengan menata ruang yg lebih bagus lagi minat untuk keperpustakaan akan bertambah, makasih infonya kak

    ReplyDelete
  3. Ya saya sangat setuju dengan pernyataan di atas karena menurut saya jika perpustakaan di atur dan ditata dengan baik maka akan menarik perhatian para pembaca bahkan yang sebelumnya tidak begitu suka membaca akan dapat tertarik membaca karena tempat yang nyaman dan menyenangkan dan kita harus melakukan berbagai inovasi yang menarik dan unik dalam melakukan penataan agar menambah minat membaca masyarakat Indonesia yang saat ini kurang maka kita harus memperhatikan hal tersebut melalui melakukan penataan terhadap perpustakaan agar para pembaca merasa nyaman saat membaca buku di perpustakaan dari hal sekecil tersebut dapat melakukan perubahan besar terhadap masyarakat Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Waahh MaaSyaaAllah banget ini siihh:) Saya setuju banget. Karena untuk menunjang para pengunjung, juga para cendikiawan yang ingin membaca di perpustakaan, penataan ruangan menjadi sangat penting. Agar membaca juga jadi nyaman dan ruangan jadi enak dipandang. Selain itu, pasti akan semakin diminati masyarakat jika perpustakaan sangat memperhatikan penataan ruangan yang artistik. Hehehe.. Terimakasih infonya kak:)

    ReplyDelete
  5. Waahh MaaSyaaAllah banget ini siihh:) Saya setuju banget. Karena untuk menunjang para pengunjung, juga para cendikiawan yang ingin membaca di perpustakaan, penataan ruangan menjadi sangat penting. Agar membaca juga jadi nyaman dan ruangan jadi enak dipandang. Selain itu, pasti akan semakin diminati masyarakat jika perpustakaan sangat memperhatikan penataan ruangan yang artistik. Hehehe.. Terimakasih infonya kak:)

    ReplyDelete
  6. Penting sekali.. Perpustakaan Daerah sangat menjadi tolak ukir kualitas partisipasi masyarakat dalam mendorong terbukanya jendela ilmu pengetahuan. Dengan penantaan ruangan perpustakaan yang baik akan menjadikan pengunjung perpustakaan lebih menjadi nyaman,betah,dan berbekas dalam jiwanya So let's get do it

    ReplyDelete
  7. Ini artikelnya parah keren si recommend banget buat yg mau nata rumah trus kaya dikasih perpustakaan mini gtu di dalamnya pernah kmren tuh kiat perpustakaan daerah di pusat kota surabaya dan penataannya si aga kurang mungkin bisa dicoba liat artikel ini si

    ReplyDelete
  8. Setuju banget, gw kalau lagi males sering ke toko buku atau perpustakaan walau bukan buat baca...wkwk. Gw seneng banget sama tumpukan-tumpukan buku yang di susun rapi, serasa adem gitu. Penataan yang baik emang penting banget sih buat kita jadi betah & nyaman berada di ruangan itu.

    ReplyDelete
  9. wih keren banget artikelnya gua jadi lebih mengerti tentang semua ini
    penting banget sih dengan penataan yang baik serta menarik, sangat menaikkan minat para pembaca betah didalam perpustakaan. Apalagi yang memiliki fasilitas seperti Buku yang lengkap seperti Ac, Wifi

    ReplyDelete
  10. Setuju sekali,karena penataan ruangan yang baik sangat penting terlebih di perpustakaan.
    Tempat yg nyaman akan membuat pengunjung betah berlama-lama di perpus,hal ini juga akan menunjang tingkat minat baca.

    ReplyDelete
  11. Mashookkk lah pokoknya, emang sih tata ruang itu guna banget buat public place gitu. Soalnya kan klo misal perpusnya tata ruangnya bagus kan mestinya bisa nambah pengunjung tuhh

    ReplyDelete
  12. nah iyaa bener banget tata ruang itu berguna banget dimana aja ga cuma di perpustakaan, tapi karna perpustakaan tempat orang belajar mendalami ilmu itu emang seharusnya punya tata ruang yang bagus untuk membawa mood nya kedalam ruangan itu sendiri, apalagi di jaman seperti ini jarang sekali orang yang senang berkunjung ke perpus pada beranggapan perpus itu kuno dll yg negatif, tapi kalau tata ruang perpus itu baik pasti akan banyak menarik peminat dan akan terus berkembang ke arah yg lebih baik

    ReplyDelete
  13. Wahhh saya sangat setuju dengan pembahasan di artikel ini, penataan ruang sangat diperlukan apalagi jika untuk menarik minat baca pemuda pemudi indonesia sekarang, saya berterimakasih

    ReplyDelete
  14. NAHH, INI DIAA!!! perpustakaan sekolahkuu kurang nyamann deh.. kayanya bapak kepala perpustakaan harus aku suruh baca artikel ini duluu deh.. kalau tata letaknya kurang tepat kan jadinya pengunjung juga gak nyamann.. ehehehe TERIMAKASIH KAK INFONYAA💕

    ReplyDelete
  15. Akuu bener2 appreciate kalau sebuah venue/tempat punya tata ruang dan atmosphere yang menarik. Membuat kita sebagai pengunjungnya semakin tertarik dan merasa lebih betah berada di tempat tersebut. Apalagi tempat membaca buku, yakni perpusatakaan yang biasa terkesan ‘membosankan’ atau hanya untuk kalangan tertentu saja. Menurutku, memang design dan tata ruang yang modern sangat diperlukan untuk sebuah tempat, apalagi perpustakaan, agar orang semakin tertarik! 😁
    Ku harap di Indonesia, banyak nantinya bermunculan tempat yang modern dan keren, namun juga teratur dan bermanfaat, seperti perpustakaan dan lainnya.

    ReplyDelete
  16. Setuju bgt, salah satu faktor terpenting dari perpustakaan itu ada di tingkat kenyamanan yang diberikan kepada pengujung, tapi masih banyak perpustakaan yang mengabaikan hal tersebut mengingat masih rendahnya minat baca penduduk indonesia, semoga aja perpustakaan nya dibuat senyaman mungkin agar bisa lebih rileks

    ReplyDelete
  17. Saya setuju banget kak penataan ruangan dan perabotan di perpustakaan memang sangat penting. Jika kita memperhatikan faktor penataan ruangan perpustakaan pasti akan dapat menciptakan kenyamanan bagi pengunjung yang berminat membaca buku di perpustakaan. Apalagi saya yang hobinya membaca buku, wah pasti akan mencari perpustakaan yang nyaman untuk membaca buku di sana.

    ReplyDelete
  18. Betul banget sih....
    Meskipun ruang kecil tapi tertata rapi pasti enak dilihat kan
    .
    .
    Karena yang dibutuhin itu kenyamanan kan?:)

    ReplyDelete
  19. bener banget sih ini.. dengan penataan dan pengelolaan perpustakaan yang baik bisa menarik pengunjung dan membuat pembaca nyaman didalamnya jika semua perpustakaan itu terkonsep seperti ini saya rasa minat baca di indonesia akan meningkat..

    ReplyDelete