4 Perpustakaan Unik di Jakarta yang Harus Kamu Kunjungi


Artikel ini membahas tentang empat perpustakaan yang ada di Jakarta

Assalamualaikum, Hallo guys!
Pada artikel kali ini, kasart akan membahas tentang empat perpustakaan unik dan menarik yang ada di Jakarta nih. Kalau misalnya kamu sudah kehabisan tempat wisata yang seru, terus sudah mengunjungi semua mall dan museum yang ada di Jakarta, lalu seringkali hanya kota tua atau ragunan yang dijadikan sebagai destinasi wisata. Coba deh sesekali ajak keluarga, teman, gebetan, pacar atau bawa diri sendiri untuk berekreasi ke perpustakaan. Eitsnggak perlu khawatir dengan kesan “suram” dari perpustakaan, kok. Perpustakaan-perpustakaan berikut super keren dan instagrammable, lho. Dan, plusnya, minim biaya. Yuk simak Pembahasannya!

  • Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta

Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta atau yang lebih dikenal orang dengan sebutan perpustakaan TIM ini, sudah sepatutnya untuk kamu kunjungi. Selain memiliki koleksi buku yang mumpuni, perpustakaan TIM juga memiliki Fasilitas-fasilitas menarik dan lantai yang dikhususkan untuk arena bermain anak. Jadi, tidak hanya orang-orang dewasa saja yang bisa memanfaatkan layanan yang ada di perpustakaan TIM. Anak-anak pun bisa menikmati layanan serta berbagai mainan edukatif,  ruang bermain khusus, dan koleksi buku-buku anak yang sangat lengkap mulai dari ensiklopedia, dongeng, komik, hingga majalah anak pun tersedia di Perpustakaan TIM ini.
Jam Buka : Senin s/d Minggu (09.00-17.00 WIB) 
  • Perpustakaan Freedom Institute

Perpustakaan Freedom merupakan perpustakaan yang memiliki tata ruang bergaya modern namun tetap dibalut dengan etnik khas Indonesia, setiap sudutnya sangat unik dan instagrammable.
Mulai dari lukisan-lukisan serta karya seni yang dipajang di berbagai sisi, quote-quote dari para tokoh dunia yang menghiasi tembok-tempok, area baca yang luas, hingga kursi dan meja baca yang sangat nyaman. Hal ini menambah kesan unik dan membuat perpustakaan freedom lebih hidup dan semakin menarik.
Tidak hanya mengutamakan penataan ruangannya, perpustakaan freedom juga sangat mengutamakan kenyamanan dan kepuasan para pemustakanya. Perpustakaan freedom mencoba menebus rasa dahaga para penggila buku dan literasi dengan menyediakan kurang lebih 15 ribu koleksi buku. Mulai dari filsafat, sastra, sosial budaya, agama, pengetahuan alam, dan teknologi. Walaupun belum bisa dipinjam dan hanya bisa dibaca ditempat saja. Namun, Perpustakaan Freedom menyediakan Layanan Fotocopy dengan harga perhalamannya 175 rupiah saja, relatif murah kan? 
Selain itu, perpustakaan freedom juga seringkali mengadakan diskusi-diskusi menarik yang bisa pemustakanya ikuti. 
Nah, Untuk menikmati segala fasilitas di atas. 
Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, karena pendaftarannya GRATIS!
Kamu hanya tinggal menyiapkan KTP atau SIM lalu isilah formulir yang sudah disediakan di meja dekat pintu masuk.
Jam Buka : Senin s/d Jumat (09.00-17.00 WIB) 
  • The Reading Room

The Reading Room ini adalah kafe namun juga bisa disebut sebagai perpustakaan. Terletak di bilangan Kemang, Jakarta selatan, the reading room ini bisa dengan mudah kamu temukan. 
Disini, kamu bisa menikmati berbagai macam makanan serta membaca buku-buku yang banyak tersedia di berbagai sudutnya. Desain interiornya bisa dibilang sangat unik dan menarik, selain cukup luas dan terdiri dari dua lantai, the reading room juga menyediakan mini teater untuk memutar film dan ruangan yang disewakan lho. Biasanya ruangan tersebut dijadikan sebagai tempat berkumpul yang berkaitan dengan dunia sastra dan literasi, seperti misalnya peluncuran buku, pembacaan puisi, acara klub buku dan kegiatan menarik lainnya.
Jam Buka : Senin s/d Minggu (10.00-00.00 WIB) 
  • Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Nah, setelah membahas tiga perpustakaan diatas, rasanya kurang afdhol ya, kalau tidak membahas perpustakaan nasional favorit setiap orang ini. Apalagi kalau bukan Perpustakaan nasional atau yang biasa disebut 'Perpusnas'. Perpustakaan yang terdiri dari 24 lantai ini memang terbilang sangat lengkap, modern, namun tidak menghilangkan kesan unik didalamnya. Perpusnas merupakan perpustakaan berskala nasional namun memiliki standar internasional yang tidak kalah kualitasnya dengan perpustakaan kelas dunia lainnya. Selain koleksinya yang lengkap, dan banyak, perpusnas juga memiliki fasilitas yang mumpuni untuk segala usia. Mulai dari anak-anak sampai lansia. 
Tidak hanya itu, perpusnas juga ramah akan difabel atau para penyandang disabilitas lho. 

Jam Buka : Senin s/d Minggu (08.30-18.00 WIB) 
---------------------------------

Wah, bagaimana? sangat menarik bukan keempat perpustakaan diatas? selain memiliki berbagai koleksi  yang menarik, tata ruang atau desain interior perpustaakan-perpustakaan yang kasart bahas diatas bisa dibilang memiliki keunikannya tersendiri ya.
Jadi, tunggu apalagi? ayo berkunjung ke perpustakaan! 
Anyway, terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel-artikel yang ada di blog ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

50 comments:

  1. Bermanfaat banget kak, terimakasih telah menuliskannyaaa💙

    ReplyDelete
  2. Thnks kak infonya.kak tmpt makan yg instagrammable dungss...dtunggu artikell slnjutnya...

    ReplyDelete
  3. Terima kasih, rekomendasi perpustakaan di bandung dong��

    ReplyDelete
  4. Dari dulu pengen bgt ke perpus yang seru, nyaman, ga bikin bosen, akhirnya ketemu disini, next bakalan aku kunjungin!! Makasi infonyaaa

    ReplyDelete
  5. Informasinya sangat membantu banget sih kak. Terutama buat warga jakarta yaa. Dan kalau untuk para wisatawan sih mungkin hanya beberapa yang tahu. Saran aku sebaiknya blog kakak ini lebih di publish lagi ya agar banyak yang tau. Atau mungkin aku nya yang kurang update yaa. Hehehehe...
    Ada baiknya kakak juga tulis kekurangan apa aja yg ada di perpustakaan itu sehingga yang punya bisa terus memperbaiki sesuai kemajuan zaman. Thank you

    ReplyDelete
  6. Terima kasih informasinya kak. Sangat bermanfaat bagi saya yang ingin mencari buku referensi untuk tugas sekolah selain membeli buku di toko buku. Dengan adanya informasi tersebut, saya menjadi tertarik untuk mengunjungi salah satu perpustakaan yang menarik di Jakarta.

    ReplyDelete
  7. Keren.. Skrng kalo mau baca gk bosen lagi karna fasilitasnya yang buat nyaman baca.bakalan betah kalo bacanya kalo gt. Dan hebatnya tempatnya bisa buat semua kalangan.Makasih rekomendasi perpustakaannya. Sangat bermanfaat ��

    ReplyDelete
  8. Bermanfaat banget blognya, selama ini aku nyari2 tempat perpustakaan yg bagus. Apalg tempatnya kece2 bgt! Dan setelah baca ini, akhirnya tau!! Mksh infonyaa

    ReplyDelete
  9. Thanks for your information kaka, jadi tahu perpustakaan yang recommended banget di Jakarta selain dapet ilmu juga dapet gambar yang Instagrammmable disana kece banget daah :D

    ReplyDelete
  10. Wahh, Keren banget article nya kak, mengenai perpustakaan-perpustakaan keren yang berada di wilayah Jakarta, disajikan dengan sangat informatif dan komunikatif, article ini jadi lebih mudah dan dimengerti pembaca, tapi kaka juga harus tau loh kalau di Pekanbaru ada perpustakaan dengan arsitek terkeerenn se asia tenggara, kapan kapan coba kunjungii ya kak^^

    ReplyDelete
  11. Kl gaada gambar aku bakal mikir itu tempatnya usang berdebu gitu, eh tenyata keren. Instagrammable! Btw rata2 ga buka sampe malam perpusnya

    ReplyDelete
  12. Makasih infonya ya kak,semoga banyak yg terinspirasi untuk membaca di perpustakaan unik tsb,tapi kok dijakarta doang kak,daerah sumatera selatan dong kak😉

    ReplyDelete
  13. Sangat membantu sekali ka info nya terima kasih,, jadi akan lebih banyak lagi masyarakat yg tau tentang perpustakaan yang bagus jadi mereka ga bosan, karena dengan adanya perpustakaan akan membantu kita untuk menambah wawasan

    ReplyDelete
  14. Makasih banyak atas Informasi nya, sangat menarik, dengan tampilan blog yang menarik, sehingga dapat menambah pengetahuan yang kita miliki, dan menggunakan bahasa remaja yang mudah dipahami

    ReplyDelete
  15. terimakasih kak infonya sangat berharga sekali yang awalnya saya hanya tau perpustakaan nasional saja sekarang saya tau lebih banyak perpustakaan bagus lainnya,semangat lanjutkan tulis artikel bermanfaat nya lagi kak :)

    ReplyDelete
  16. wah baru banget nemuin blog ini. informatif banget huhu liburan bentar lagi bingung mau kemana untung nemu blog inii! apakah buku2 dari perpustakaan diatas bisa dipinjam untuk bawa pulang?

    ReplyDelete
  17. Terimakasih infonya kak, perpustakaan dengan design yg menarik dan tidak membosankan akan membuat kita lebih semangat untuk selalu mengunjunginya, terutama dengan berbagai jenis buku pasti akan menarik para pembaca. Ditunggu untuk artikel selanjutnya kak

    ReplyDelete
  18. Terimakasih info nya kak.
    Dengan adanya perpustakaan bisa meningkatkan minat baca setiap orang.
    Perpustakaan yang bersih dan rapi juga bisa menambah kesan nyaman pada para pembacanya..
    Pengen berkunjung ke perpustakaan freedom institute

    ReplyDelete
  19. Aini aghnia02 January, 2019

    Wahhh akhirnya nemu artikel ini, pas banget aku lagi bingung nyari perpustakaan di sekitaran Jakarta dimana, soalnya kayak yang bosen aja tiap ke Jakarta pasti ke dufan, seaworld, ragunan, gitu. Bosen bangettt. Pengen yang menarik tapi ga ngebosenin, terus kepikiran apa ke perpustakaan aja ya, soalnya aku suka baca buku, terus cari2 deh artikel tentang perpus2 yg ada di jakarta dan akhirnya nemu post ini. Makasih banyakkkk untuk infonyaaa

    ReplyDelete
  20. Waaa bagus banget kak

    ReplyDelete
  21. Waaa bagus banget kak

    ReplyDelete
  22. Waaa bagus banget kak

    ReplyDelete
  23. Waaa bagus banget kak

    ReplyDelete
  24. Waaa bagus banget kak

    ReplyDelete
  25. wih keren banget perpusnya,sayangnya di kota saya belum ada yang kayagini,tapi tetep aja walau perpusnya kayagitu anak jaman now lebih suka megang gadget daripada buku,next buat artikel tentang meningkatkan minat baca dong kak

    ReplyDelete
  26. Wahhh akhirnya nemu artikel ini. Udah lama nyari-nyari perpustakaan yang bagus di jakarta. Selama ini seringnya pergi ke perpustakaan yang belum lengkap fasilitasnya. Bahkan buku nya juga belum begitu lengkap. Jadi susah kalo mau cari buku :( Artikel ini sangat bermanfaat menurutku, karna saran dari perpustakaan² yang dicantumkan disini fasilitasnya cukup lengkap. Semoga dengan mengunjungi perpustakaan ini minat baca ku jadi makin nambah. Makasih atas informasinya, sukses terus kak untuk artikel selanjutnyaaa

    ReplyDelete
  27. Terima kasih atas informasinya kak :) berkat artikel yang menarik ini saya jadi tahu kalau di indonesia pun banyak terdapat perpustakaan yang kece abis,gak kalah sama yang di negara lain. Apalagi perpusnas di gambar itu bener-bener bagus, saya jadi tertarik mengunjunginya suatu saat nanti :) Sekali lagi makasih kak ya,semangat berkarya terus untuk menambah wawasan para pembaca..

    ReplyDelete
  28. Terima kasih atas informasinya kak :) berkat artikel yang menarik ini saya jadi tahu kalau di indonesia pun banyak terdapat perpustakaan yang kece abis,gak kalah sama yang di negara lain. Apalagi perpusnas di gambar itu bener-bener bagus, saya jadi tertarik mengunjunginya suatu saat nanti :) Sekali lagi makasih kak ya,semangat berkarya terus untuk menambah wawasan para pembaca..

    ReplyDelete
  29. Yeeeee akhirnya nemu juga artikel ini 😭,susah payah banget dapatnyaa.thx informasinya kak berguna apalagi buat aku yang males banget literasi dirumah .ini perpus terbaik yang pernah aku lihat bagus bangettt gelawww🤗 mungkin dengan blog kaka aku jadi bisa merubah pemikirian ku terhadap literasi bukuu.kak,next blog membahas tentang penyuluhan literasi terhadap kaum milenial ya kak😘😘

    ReplyDelete
  30. Wah sangat bermanfaat sekali ini informasinya kak, aku jadi tau perpustakaan yang keren ini. Dan harus banget dikunjungi nih. Berharap artikel kakak jg ini bisa dikenal banyak orang, karena bermanfaat sekali. Apalagi untuk yang suka baca buku, harus kunjungi perpustakaan yang keren abis nihh.

    ReplyDelete
  31. Tadinya aku pngn ke perpus yg ada di jkrta tpi ga tau perpus apaan aja yg ada di jkrta. Pas aku cri² di google aku nemu blog ini nah jd tau deh mna perpus yg mau aku kunjungi. Tqtq bgt deh blognya sngat membantu bgt

    ReplyDelete
  32. Pupernas Andalan saya yang the best lah. Walaupun saya bukan orang asli jakarta, dan sempat rantau. Sempet sih ngerasain atmosfer perpusnya. Namun, gatau ada perpus lain yang gakalah bagus, Lain kali main lah.
    Membantu banget threadnya, Thanks

    ReplyDelete
  33. klo saya ke jarkata saya akan berkunjung kesana makasi infony kk

    ReplyDelete
  34. Waahhh MaaSyaaAllah. Terimakasih infonya ya kak. Sangat bermanfaat:) Saya baru tau ternyata ada perpustakaan yang memiliki fasilitas yang luarbiasa dan sangat menunjang. Saya berharap seluruh pelosok Indonesia bisa memiliki perpustakaan yang berfasilitas baik, agar generasi muda makin gemar membaca:)

    ReplyDelete
  35. Waahhh MaaSyaaAllah. Terimakasih infonya ya kak. Sangat bermanfaat:) Saya baru tau ternyata ada perpustakaan yang memiliki fasilitas yang luarbiasa dan sangat menunjang. Saya berharap seluruh pelosok Indonesia bisa memiliki perpustakaan yang berfasilitas baik, agar generasi muda makin gemar membaca:)

    ReplyDelete
  36. Pupernas juga menjadi andalan saya yang the best lah. Walaupun saya bukan orang asli jakarta orang Blitar. Berkesan sekali di hati.. Hmm sekarang lagi liburan dirumah.. Pengen cepat kembali.. Go back my kingdom
    Ehh..ini artikel flying , Thanks

    ReplyDelete
  37. wahhh ini artikelnya kece sii soalnya baru tau jg di jakarta ada perpustakaan kerenn gini kayaknya nanti klo main ke jakarta bisa nih mampir ke perpustakaan ini makasi kak artikelnya bermanfaat banget thankiess😍

    ReplyDelete
  38. Thanks infonya. Tempat favorit untuk bersantai menurut gw ya perpustakaan & masjid, tempat yang tenang&tentram. Muga kedepannya banyak pembangunan perpustakaan seperti ini dengan konsep yang unik dan lain di berbagai daerah. Btw perpusnas Jakarta emang the best sih menurut gw.

    ReplyDelete
  39. Wah makasih banget kak
    pengen bgt ke perpus yang nyaman, ga bikin bosen Makasi infonyaaa

    ReplyDelete
  40. MaaSyaaAllah,bisa jadi destinasi wisata yg mendidik ni😊liburan sambil menimba ilmu,apalagi tempatnya instagrammable jarang2 kan ada perpus keren kayak gitu hehe.. Btw makasi infonya kak😁

    ReplyDelete
  41. Wahh lumayan nihh. Thankss yaa, bisa buat referensi liburan nih. Biar ga liburan ke mall mulu. Toh membaca buku bisa nambah wawasan nihh

    ReplyDelete
  42. alhamdulillah nemu artikel ini karna saya kelas 12 dan butuh sekali perpus untuk fokus belajar dan sampai saat ini saya baru ke 2 perpus favorit yaitu perpus tim dan perpusnas, saya pikir tidak ada perpus unik lagi di jakarta ternyata masih dan secepatnya saya akan belajar bersama teman ke reading room dengan suasana yg pasti berbeda dan belum pernah ada, terimakasih 🙏🙏

    ReplyDelete
  43. Terimakasi infonya kak saya jadi tau kalau ada perpustakaan yang sangat bagus di jakarta dan saya jadi ingin pergi kesana, artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  44. WAH WAHH!! MAKASIH KAK INFONYAA 💕
    next time pasti aku kunjunginn..

    ReplyDelete
  45. Jujur aku jarang dan kurang tertarik kalau ke perpustakaan 😆
    Tapi, semenjak aku pergi ke Perpusnas yang di deket Monas, Jakarta Pusat, pandanganku tentang perpustakaan langsung beda bangett. Bagus banget, cozy dan nyaman. Pengen lagii berkunjung, gak cuman buat menjadi sumber bahan pelajaran / tugas aja, tapi maybe buat pinjem buku secara personal. Pengen juga ke The Reading Room kalau sempet, kayaknya instagramable juga! Hehe😊

    ReplyDelete
  46. bagus bgt infonya, saya mmg lebih suka pergi ke perpustakaan kalau ada waktu kosong, dan memang perpustakaan itu salah satu tempat paling nyaman untuk konsentrasi atau mau nyelesain tugas2 bagus bgt, tapi sayang orang indonesia masih rendah minat bacanya, semoga dengan tulisan artikel ini bnyk org semakin tertarik ke perpustakaan tdk hanya di jakarta saja tapi di kota kota lain juga.

    ReplyDelete
  47. Terima kasih informasinya kak. Sangat bermanfaat bagi saya yang ingin mencari buku referensi untuk tugas sekolah selain membeli buku di toko buku. Dengan adanya informasi tersebut, saya menjadi tertarik untuk mengunjungi salah satu perpustakaan yang menarik di Jakarta.

    ReplyDelete
  48. Andai aja aku tinggak di JAKARTA....
    Pasti udah sering kesana....
    Tapi ya makasih kak untuk infonya.
    .
    .
    Kalo kuliah dijakarta jadi bisa tau tempat yang enak dan seru buat menambah wawasan :)
    Hehehe

    ReplyDelete
  49. Perpustakaannya bagus bagus banget.. pasti pada betah baca disitu.. sayangnya aku ngga tinggal di Jakarta, tp kalo nanti liburan di jakarta wajib banget nih aku kesini.. nice info kak:)

    ReplyDelete