4 Cara Sukses Meraih Beasiswa Impian


Artikel ini membahas tentang persiapan  penting untuk mendapatkan beasiswa, serta salah satu beasiswa yang ada di UIN Jakarta.

Assalamualaikum, Hallo guys, pada artikel kali ini, kasart akan membahas tentang bagaimana sih mendapatkan beasiswa terbaik melalui empat cara serta membahas salah satu beasiswa yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pendidikan saat ini tidak dipungkiri menjadi elemen penting bagi keberhasilan hidup seseorang. Ironisnya, semakin hari biaya pendidikan menjadi semakin mahal.  Hal ini terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang untuk mengenyam pendidikan setinggi mungkin.
Oleh karena itu, menjaga optimisme dan keyakinan merupakan sesuatu yang sangat penting, bahwa peluang mendapatkan pendidikan tinggi tetaplah ada-tidak hanya ada, tapi bertebaran dimana-mana. Hal itu dikarenakan beasiswa sesungguhnya akan hadir untuk menjumpai setiap orang yang mau berusaha untuk mencari dan mendapatkannya.
Nah lalu bagaimana caranya agar kita sukses meraih beasiswa impian? seringkali keinginan tersebut datang bersamaan dengan pertanyaan yang muncul di pikiran para pejuang beasiswa,
 "Bagaimana caranya?" "Susah gak sih untuk mendapatkan beasiswa?"  "Saya nggak punya banyak prestasi, bisa gak ya dapat beasiswa?"

Sounds familiar? apakah salah satu atau bahkan semua pertanyaan itu juga ada dibenakmu? kalau ditanya apa modal kita untuk mendapatkan beasiswa? jawabannya adalah yakin kita bisa. Setelah kita punya faith, kita sudah yakin pada kemampuan diri kita, hal kedua yang perlu kita miliki adalah effort. Tentu saja beasiswa tidak akan turun dari langit begitu saja. Kita bukan hanya harus menangkap bola, tapi kita harus mengejar bola terlebih dahulu.
Jadi, yuk simak pembahasannya berikut ini! 


  • Update informasi beasiswa



Selalu ikuti perkembangan informasi beasiswa baik dari website, dosen, kakak kelas atau bahkan rajin-rajinlah mengikuti seminar beasiswa di kampusmu. Selain itu, memperoleh informasi dari orang yang telah menerima beasiswa, akan memudahkan kita mendapatkan informasi yang lebih mendalam lho. Jadi, jangan ragu untuk bertanya kepada mereka ya! 
  • Pahami manfaat beasiswa  



Sebagai calon penerima beasiswa , kita harus bisa memilah beasiswa yang kita butuhkan,. Jangan hanya mengejar materi, tapi ambilah manfaat yang dapat kita peroleh dari beasiswa tersebut. Apakah program beasiswa tersebut dapat menunjang kebutuhan pengembangan diri kita kedepan?
Sangat disayangkan apabila kita memperoleh beasiswa namun tidak memperoleh manfaat lebih selain materi.
  • Lengkapi syarat beasiswa

Pahami secara mendetail syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pengajuan beasiswa. Syarat-syarat tersebut harus kita pahamiagar kita tahu apa yang harus dilakukan kedepannya. Banyak pejuang beasiswa gagal dalam persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak pemberi beasiswa, sehingga pastikan jangan sampai melewatkan point-point yang adala dalam persyaratan beasiswa.
  • Persiapkan diri



Mempersiapkan diri dengan baik apabila kita sudah siap untuk mengikuti test seleksi, kembangkan segala potensi dalam diri kita. Eksplor diri kita lebih dalam agar kita dapat maksimal menunjukan potensi diri kita. Ikuti berbagai pelatihan yang dapat meningkatkan softskill, karen pada dasarnya hardskill saja tidak cukup dan menjamin kita memperoleh beasiswa.

Setelah melakukan segala usaha di atas, jangan lupa untuk berdoa dan meminta restu orang tua, usaha tidak akan mengkhianati hasil kok, segala usahamu pasti akan membawamu menuju kesuksesan dalam segala aspek, termasuk meraih beasiswa impianmu!

Nah, setelah pembahasan tentang bagaimana meraih beasiswa impian, kasart akan menjelaskan tentang salah satu beasiswa yang disediakan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pada dasarnya, beasiswa di UIN Jakarta, lebih banyak dialokasikan untuk mahasiswa yang berprestasi namun memiliki kendala finansial. Salah satunya Beasiswa Badan Layanan Umum (BLU)
Beasiswa BLU ini dibentuk dan diorganisir oleh institusi UIN Jakarta sendiri lho, baik itu secara pendanaan, keuangan maupun mekanisme penerima beasiswa BLU tersebut.
Sumber dana yang dijadikan beasiswa adalah subsidi silang yang berasal dari uang pendaftaran dan biaya semester dari mahasiswa lainnya. Selain itu sumber beasiswa juga berasal dari kerja sama UIN Jakarta dengan lembaga-lembaga lain seperti Kementerian Agama.  

Jika kamu berminat untuk mengikuti seleksi penerima beasiswa BLU ini, ada syarat yang paling utama, yaitu kamu harus merupakan lulusan dari sekolah yang menggunakan kurikulum keagamaan seperti Madrasah Aliyah atau pesantren. Syarat lainnya adalah IPK minimal 3,00 selama menempuh bangku kuliah. Wah, sangat menarik banget kan!


last but not least, siapa pun boleh kok punya impian indah dan cita-cita setinggi langit. Namun, tentu saja semua impian dan cita-cita tersebut harus diimbangi dengan kerja keras untuk mewujudkannya. Meraih pendidikan setinggi-tingginya adalah salah satu cara dan merupakan salah satu jalan yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk mewujudkan impian tersebut.

Selain itu, dapat disimpulkan bahwa, mendapatkan beasiswa adalah sebuah tiket untuk mewujudkan impian dalam hidupmu, terutama kalau kamu ingin sekolah tiggi namun kondisi finansial tidak begitu memungkinkan. Beasiswa juga bisa dikatakan sebagai pengukur prestasi atau kemampuan akademik dan non akademik kita. 

Untuk kamu yang masih berjuang untuk menggapai beasiswa impianmu, semangat terus ya! 

---------------------------------

Akhir kata, terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Click this link for more detail

http://fah.uinjkt.ac.id/fah-mengadakan-program-beasiswa-blu-2018/
https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/scholarship/untuk-kalian-pemburu-beasiswa-berikut-kesempatan-kuliah-di-uin-syarif-hidayatullah-jakarta/

35 comments:

  1. Thank's for information, cara sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  2. Ummufhadilah24 December, 2018

    Terima kasih dengan intinya sangat membantu banget

    ReplyDelete
  3. Infonya sangat mbantu banget deh, saya yg saat ini masih duduk dibangku sma jadi makin tau ama bisa nyiapin kehidupan perkuliahan, thanks kak

    ReplyDelete
  4. Info nya bermanfaat banget! Makasih loh kak, aku jadi lebih mempersiapkan diri buat dapetin beasiswa, thanks kak!

    ReplyDelete
  5. Mksihh sy jdi lbih termotivasi untuk ngambil beasiswa.. Mangad kak..

    ReplyDelete
  6. Persiapan meraih beasiswa💪💪💪

    ReplyDelete
  7. Bisa membantu banyak anak diluar sana yang berprestasi namun terkendala finansial, banyak jalan menuju sukses! thanks kak

    ReplyDelete
  8. Tips nya sangat membantu dan ga bertele tele sih kak. Dimana bisa jadi motivasi buat pelajar kaya aku yang ingin masuk PTN dan biar ga nyusahin ortu banget. Doa in aku diterima di PTN atau ikatan dinas yang aku inginkan ya kakk.. hehehe.. dan juga semoga studi kakak cepat selesai dan segera bekerja sesuai keinginan. Thank you

    ReplyDelete
  9. Makasih kaka tips and tricks nya untuk ngedapetin beasiswa impian "usaha tidak akan mengkhianati hasil kok, segala usahamu pasti akan membawamu menuju kesuksesan dalam segala aspek, termasuk meraih beasiswa impianmu!" -kasart21 Sukses selalu kaka

    ReplyDelete
  10. Tips yang sangat bermanfaat karena dapat membantu meringankan beban orang tua. Jadi paham bagaimana cara untuk sukses meraih beasiswa sesuai impian. Semoga dengan ada artikel ini dapat memberikan dorongan untuk bersekolah.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih informasinya kak. Informasinya sangat bermanfaat bagi kami yang belum begitu tahu bagaimana caranya mendapatkan beasiswa jika kami sama sekali tidak memiliki prestasi yang membanggakan. Saya menjadi tahu bahwa ada cara yang sukses meraih beasiswa yang kita impikan sejak dulu. Intinya adalah kita harus yakin bahwa kita bisa mendapatkan beasiswa tersebut, dan kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk meraih beasiswa yang sudah kita impikan sejak dulu.

    ReplyDelete
  12. Terimakasih tips dan infonya kak, berkat kaka aku jadi lebih yakin buat berani daftarin beasiswa, kebetulan beasiswa adalah salah satu cara agar tidak merepotkan orang tua, berkat artikel ini yang sangat informatif dan komunikatif aku jadi senang belajar dan berusaha sebaik mungkin mencari beasiswa dimana mana, ^^

    ReplyDelete
  13. Setuju bgt sama poin 2, apalagi kl bisa dpt beasiswa sekaligus baik utk pengembangan diri, knpa ga? Btw yg mau beasiswa kan byk, perjuangan utk rebutin beasiswa itu sendiri jg salah satu cara pengembangan diri

    ReplyDelete
  14. Mantap betul tips n tricknya yg pengen apply beasiswa baca ini recommede banget

    ReplyDelete
  15. Bener banget ka tips-tips nya, kalau kita ingin mendapatkan beasiswa ga boleh ragu buat nyari tau nnya nnya. Dan yang terpenting adalah persiapan dari ketika beasiswa itu ada tesnya tes tertulis ataupun lisan. Banyak banget orang yg sudah mengetahui tentang beasiswa tapi persiapan akan tes nya kurang. Jadi tulisan ini bermanfaat bgt orang orang jadi tau bagaimana cara mendapatkan beasiswa

    ReplyDelete
  16. Bener banget ka tips-tips nya, kalau kita ingin mendapatkan beasiswa ga boleh ragu buat nyari tau nnya nnya. Dan yang terpenting adalah persiapan dari ketika beasiswa itu ada tesnya tes tertulis ataupun lisan. Banyak banget orang yg sudah mengetahui tentang beasiswa tapi persiapan akan tes nya kurang. Jadi tulisan ini bermanfaat bgt orang orang jadi tau bagaimana cara mendapatkan beasiswa

    ReplyDelete
  17. Makasih atas info beasiswa nya sangat membantu karena saya mau daftar di UIN jakarta

    ReplyDelete
  18. zaman sekarang untuk memperoleh pendidikan dipermudah banget sih, asal kita mau berusaha. contohnya, udah banyak banget instansi2 yang menawarkan beasiswa. saya pejuang ptn 2019, informasi ini menambah semangat buat saya. ayo semangaat semuanya!

    ReplyDelete
  19. Wahh sangat bermanfaat sekali kak, memang jaman sekarang ini banyak sekali beasiswa yg bisa kita dapatkan misal beasiswa bidikmisi untuk mahasiswa yg kurang mampu, jadi tidak ada alasan lagi karena tidak punya uang jadi tidak kuliah karena kita bisa mendaoatkan beasiswa jadi sering2lah mencari informasi tentang beasiswa

    ReplyDelete
  20. Terimakasih info nya tentang beasiswa.
    Tahun depan mau nyoba jalur beasiswa.

    ReplyDelete
  21. Aini aghnia02 January, 2019

    INI ARTIKEL YANG AKU BUTUHIN BANGEETTT. Sebagai orang yang pengen banget punya pendidikan setinggi mungkin tapi terhalang sama masalah keuangan, aku tuh jadi pengen banget dapetin beasiswa biar bisa meringankan beban orang tua juga. Tapi kadang suka bingung gimana sih caranya biar aku bisa dapetin beasiswa itu, kadang suka pesimis apa gausah lanjutin kuliah aja apa kerja aja, tapi dengan artikel ini aku jadi semangat lagi cari beasiswa buat kuliah. Makasih artikelnya, semoga selalu dalam lindungan-Nya dan semoga berkah :)

    ReplyDelete
  22. Makasih banyak kak kasart untuk informasi ini, sangat bermanfaat sekali bisa buat kita jadi tau tips dan trick nya, bisa mengurangi beban yang ditanggung ortu jika kita bisa dapatin beasiswa ini dan bagi yang kurang mampu sangat bermanfaat banget info ini buat di daftarkan

    ReplyDelete
  23. Aku pengen banget kuliah tu pake beasiswa dan kaka nya udahbkasi artikel yang bermanfaat banget si ini mah makasi kak

    ReplyDelete
  24. Aku pengen banget kuliah tu pake beasiswa dan kaka nya udahbkasi artikel yang bermanfaat banget si ini mah makasi kak

    ReplyDelete
  25. beasiswa di indonesia cukup banyak menurut saya,dan di indonesia banyak orang yang pintar,hanya saja kurang sosialisasi dan kurangnya minat bagi siswa untuk mencari informasi,saya sangat miris akan hal itu,dan kebanyakan murid nyari beasiswa di kelas tahun terakhir/tahun UN padahal ini sangat tidak direkomendasikan untuk pemburu beasiswa,,artikel ini sangat bermanfaat,tapi sikap pelajarnya harus diubah dulu,itu yang terpenting menurut saya

    ReplyDelete
  26. Artikel ini sangat bermanfaat bagi siswa yang sedang mencari beasiswa. Disini di cantumkan strategi supaya bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Ini sangat membantu siswa agar mereka bisa mempersiapkan segala sesuatu tentang pendaftaran dan prosedurnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak

    ReplyDelete
  27. Pendidikan memanglah mahal . Makanya itulah kita dalam berpendidikan usahakan dapat beasiswa. Sempet ragu juga, pesimis, dan g tau apa saja kiat kiat untuk emndapatkan informasi sampai caranya lulus. Dan Alhamdulilah , setelah adanya artikel ini . Saya jadi banyak terbantu, terutama cara sukses maraih beasiswa > "impian" pula *Good*

    ReplyDelete
  28. Artikel ini sangat bermanfaat, kebetulan saya sedang mencari beasiswa dan langkah-langkah di atas beberapa sudah saya coba. Mungkin sedikit saran dari saya,agar informasi di artikel tersebut lebih dikembangkan lagi agar lebih banyak informasi yang benar-benar baru dan belum umum diketahui orang, sehingga akan lebih menarik dan lebih bermanfaat :) terima kasih

    ReplyDelete
  29. Infonya bagus banget buat yang pengen beasiswa tapi masih ragu,apalagi ini buat aku yang masih duduk di jenjang sma masuk mendaftarkan diri ke universitas.serta informasi ini menambah wawasan kita terhadap pentingnya beasiswa di zaman sekarang dan tidak gegabah dalam mengambil tindakan.THX Banget kak informasi suka banget sama blog kakak tiap hari aku pantengin terus wkwk😂

    ReplyDelete
  30. Tipsny sangat bagus untuk bisaa semangat raih beasiswa impian. Saya jadi ingin mengejar beasiswa setelah baca artikel ini. Sangat bermanfaat sekali ka. Tdinya ragu untuk ngejar beasiswa tpi pas baca ini udh ga ragu lgi deh pokoknya. Thanks kaa

    ReplyDelete
  31. Wah, infonya bermanfaat banget nih ka, apalagi buat orang awam yang lagi nyari2 beasiswa untuk lanjut pendidikan yang lebih tinggi lagi.

    ReplyDelete
  32. Makasih bgt udh ngasih tau tips biar dapet beasiswa. Aku jg pngn bgt dptin beasiswa biar ga ngerepotin ortu terus. Semoga tips nya bakal ampuh aminnn

    ReplyDelete
  33. Thank you kak buat artikelnya! Informasinya berguna dan bermanfaat banget, dan semoga bisa bener2 menjadi semangat dan motivasi aku. Semoga beneren bisa kesampean untuk meraih beasiswa dan bisa membanggakan semua orang 😊

    ReplyDelete
  34. Terimakasih kak.
    Info ini sangat membantu banget buat aku yang membutuhkan itu. Bukan cuma aku sih,semua orang yang butuh terbantu dengan adanya beasiswa.
    .
    .
    .
    Aku bakal berjuang dan belajar giat untuk dapet beasiswa. Terimakasih kak :* :* :*

    ReplyDelete