Lancar Menulis Skripsi di Perpustakaan Provinsi DKI


Artikel ini membahas tentang Perpustakaan Provinsi DKI Jakarta yang terletak di Taman Ismail Marzuki.


Assalamualaikum, Hallo guys!
Dalam Artikel kali ini, kasart akan membahas salah satu perpustakaan favorit kasart, menurut kasart perpustakaan ini adalah salah satu perpustakaan yang sangat cocok untuk berbagai kalangan, termasuk mahasiswa awal sampai mahasiswa tuir yang sedang mengerjakan tugas akhir.

Saat menulis, mengerjakan tugas kuliah, atau menggarap tugas akhir (skripsi) tentunya kita membutuhkan sebuah tempat yang aman, kondusif, tenang dan nyaman.
Tempat yang gaduh atau kotor pasti tidak membuat kita nyaman, sehingga pekerjaan kita pun menjadi terhambat dan tidak selesai-selesai karena faktor ketidaknyaman tersebut.

Nah, perpustakaan Provinsi DKI Jakarta ini dapat dikatakan sebagai sebuah tempat yang sangat recommended untuk mengerjakan tugas, atau menggarap skripsi sekalipun.

Sebelum masuk ke pembahasan inti, kasart ingin bertanya dulu nih, apakah kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sering berkunjung ke perpustakaan untuk mengerjakan tugas?

Perpustakaan pada dasarnya adalah tempat yang memiliki sumber informasi yang berlimpah ruah. Selain bahan pustaka yang tersedia sangat bervariasi, perpustakaan abad 21 memiliki banyak sekali keunggulan seiring berkembangnya era digital saat ini.

Jadi sangat disayangkan apabila kamu tidak menggunakan fasilitas perpustakaan, termasuk Perpustakaan Provinsi DKI Jakarta ini. Yuk simak pembahasannya!



❣ Perpustakaan Provinsi DKI Jakarta terletak di Taman Ismail Marzuki, No. 73, Jl. Cikini Raya, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330.

Bisa dikatakan bahwa perpustakaan ini berada di area yang strategis serta banyak dilewati oleh kendaraan umum, terutama Bajaj yang banyak parkir di depan kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM). Selain itu, stasiun kereta Cikini juga tidak begitu jauh dari TIM, dari stasiun, tinggal jalan lurus sekitar 1 KM, Perpustakaan berada sederetan dengan Museum Planetarium.

Perpustakaan Provinsi DKI Jakarta  lebih sering disebut 'perpustakaan cikini' atau 'perpustakaan TIM', dan sangat dikenal sebagai salah satu perpustakaan yang memiliki banyak sekali fasilitas yang menunjang, bukan hanya untuk orang dewasa, namun juga untuk anak yang ingin menghabiskan akhir minggu untuk bermain sambil belajar.


Namun, tidak hanya itu, perpustakaan cikini juga memiliki koleksi buku yang sangat mendukung para pejuang skripsi yang tentunya membutuhkan banyak bahan referensi.  Di lantai satu, terdapat layanan koleksi umum untuk remaja-dewasa, tidak hanya itu, ruang auditorium dan layanan internet juga tersedia di lantai satu ini, sampai saat ini terdapat 175.931 judul buku dengan jumlah 439.196 eksemplar (source : Dispusip Jakarta). Layanan ini merupakan layanan baca buku di tempat dan dapat dipinjam, bagi para pemustaka yang menjadi anggota perpustakaan cikini. Adapun syarat keanggotaan adalah hanya untuk warga yang memiliki KTP DKI Jakarta saja.


Tidak hanya memiliki koleksi buku yang bervariasi, perpustakaan cikini juga memiliki suasana yang sangat tenang dan nyaman. Hampir tidak ada suara yang mengganggu kecuali suara ketikan jari di atas laptop dari para pengunjung atau suara lembaran buku yang dibalik. Selain itu suhu ruangan yang dingin dan pencahayaan yang baik, terang dan cukup tentunya membuat pemustaka termasuk pejuang skripsi bisa fokus dengan skripsi yang dikerjakannya. Dan yang paling menarik adalah, ada akses Wi-Fi yang tersedia di perpustakaan ini, untuk mengetahui kata sandi, pemustaka perlu menyanyakannya terlebih dahulu pada pustakawan yang berada di lantai dasar.


Perpustakaan Cikini juga menyediakan Tablet-tablet yang tersedia di meja-meja, dengan tablet tersebut pemustaka bisa mengakses i-jakarta yang merupakan sebuah aplikasi perpustakaan berbasis digital persembahan  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta. Selain itu, ada banyak sekali komputer yang berderet dan dapat digunakan oleh pemustaka yang tidak membawa laptopnya.


Jadi, tidak hanya bahan pustaka konvensional yang bisa dibaca oleh pemustaka, namun buku elektronik pun bisa dengan mudah diakses oleh para pemustaka perpustakaan cikini.

Terakhir, terdapat ruang layanan referensi di lantai tiga, di ruangan ini, ada berbagai bahan pustaka yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk para pejuang skripsi.  Lantai tiga ini bisa dikatakan merupakan tempat yang sangat tepat bagi pemustaka yang sedang menyusun penelitian atau yang tengah berjuang dengan skripsinya karena di lantai tiga ini terdapat koleksi buku-buku referensi, koran, majalah dan koleksi karya cetak dan karya rekam. Namun, untuk koleksi di lantai tiga ini hanya bersifat baca ditempat dan tidak boleh dipinjam.

---------------------------------

Nah bagaimana? sangat menarik bukan? walaupun perpustakaan cikini bukanlah perpustakaan yang terbaik di Jakarta, tapi perpustakaan cikini ini tentunya bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi literasi termasuk sebagai sumber rujukan para pejuang skripsi ya. Selain koleksi bukunya yang bervariasi, perpustakaan cikini ini juga memiliki suasana yang tenang dan tempat yang nyaman.
Jadi, walaupun kamu bukan pejuang skiripsi, tidak ada salahnya berkunjung ke perpustakaan yang dibuka setiap hari (kecuali libur nasional) ini.
Ayo berkunjung ke perpustakaan, mari kita ramaikan perpustakaan demi generasi yang lebih baik.


Sampai disini dulu ya guys, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Reference
http://dispusip.jakarta.go.id/dispusip/?p=3667

18 comments:

  1. Infonya sgt menariikkkk terimakasih telah menambah wawasan saya. Inshaa allah saya akan berkunjung ke perpustakaan itu

    ReplyDelete
  2. Bagus juga, tapi aku orang bandung

    ReplyDelete
  3. wahwah perpusta nya baguusss, fasilitas nya memadai, apalagi katanya tempat nya nyaman, enak banget buat baca2, dan jg bukunya lengkap, jadi pengen kesanaa
    infoo nya bagus nih buat yg suka baca2 apalagi mahasiswa yg lagi skripsi butuh tempat tenang. thx ya infonya

    ReplyDelete
  4. Waah menarik banget nih perpustakaannya, jadi pengen kesana wkwkw sayang banget fasilitasnya hy untuk orang jakarta:'

    ReplyDelete
  5. Ternyata bagus juga ya perpustakaannya. Saya baru tau ada perpustakaan yang namanya perpustakaan cikini di Jakarta. Padahal saya orang Jakarta. Mungkin kalau ada waktu luang, saya berkunjung ke sana untuk mencari ilmu yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. Ternyata bagus juga ya perpustakaannya. Saya baru tau ada perpustakaan yang namanya perpustakaan cikini di Jakarta. Padahal saya orang Jakarta. Mungkin kalau ada waktu luang, saya berkunjung ke sana untuk mencari ilmu yang bermanfaat. Terima kasih informasinya ya Kak

    ReplyDelete
  7. Wahhh,nice info kak.Menambah pengetehauan nih

    ReplyDelete
  8. Saya suka bgt pergi ke perpus,tapi sayangnya di kota saya blm ada. Semoga kapan2 bisa ke perpustakaan ini :)

    ReplyDelete
  9. Yang hobi baca buku, datang ajah ke perpustakaan terdekat

    ReplyDelete
  10. Makasih infonya,kapan-kapan bisa nyobain fasilitasnya kesana bareng temen nih

    ReplyDelete
  11. Terima kasih telah menambah wawasan saya Kak..semoga Kakak sehat selalu dan bisa selalu manambah wawasan kami selalu.aamiin

    ReplyDelete
  12. Wahhh ini ada lagi :"
    Jadi pengen, sayangnya ngga dom Jakarta :"

    ReplyDelete
  13. Makasih infonya kak, jadi pengen cobain fasilitas yang ada deh

    ReplyDelete
  14. Waahh, perpustakaannya bagus bangett, sebagai penghuni perpustakaan yang baik:v ini mah lengkap banget, jadi pingin ke jkt cuma buat ke perpusnya aja:)

    ReplyDelete
  15. Setuju bgt si sama kasart. Emang perpustakaan di situ keren banged nyesel deh klo ga kesitu

    ReplyDelete
  16. Setuju banget kak. Perpustakaannya emang keren banget, bukan hanya sekedar rak yang dipenuhi buku-buku. Perpustakaan ini juga punya fasilitas yang banyak banget, yang pasti bakalan bkin betah deh.

    ReplyDelete
  17. Artikelnya bermanfaat, terima masih informasinya 😊

    ReplyDelete
  18. Widihh terus berkarya yak hahah

    ReplyDelete